Pertanyaan Pemantik 1 :
Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran?
Pengertian Pembelajaran Sosial Emosional :
Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan anak memperoleh dan menerapkan pengetahuan keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional
Tujuan Pembelajaran Sosial Emosional :
Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri) menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri) merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial) dan membuat keputusan yang bertanggungjawab
Pertanyaan pemantik 2 :
Apa Kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?
Kaitan pembelajaran Sosial Emosional dengan filosofi Ki Hajar Dewantara :
Melalui pembelajaran sosial emosional guru dapat menciptakan well being dalam ekosistem pendidikan di sekolah, sehingga tercipta kondisi nyaman, sehat, dan bahagia bagi murid. Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara yakni menuntun kodrat anak agar mencapai kebahagiaan dan keselamatan yang setinggi-tingginya sehingga anak menemukan kemerdekaan dalam proses belajarnya
Kaitan pembelajaran Sosial Emosional dengan Nilai Guru Penggerak :
Guru Penggerak memiliki nilai-nilai (berpihak pada murid, REflektif, Inovatif, Kolaboratif dan Mandiri), untuk dapat mewujudkan Pembelajaran sosial Emosional melalui perannya yaitu sebagai Mewujudkan Kepemimpinan pada murid. Melalui nilai dan perannya tersebut, guru dapat menciptakan well being dalam ekosistem pendidikan di sekolah sehingga tercipta kondisi nyaman, sehat dan bahagia pada murid.
Kaitan pembelajaran Sosial Emosional dengan Visi Guru Penggerak :
Melalui Pembelajaran Sosial Emosional yang mengintegrasikan kelima kompetensi Sosial - Emosional, guru dapat mewujudkan visi dapat membentuk karakter murid yang beriman, merdeka, berekspresi, bahagia, kreatif, mandiri dan menjadi pembelajar sejati, sehingga terwujud profil pelajar pancasila.
Kaitan pembelajaran Sosial Emosional dengan Budaya Positif :
Melalui Pembelajaran Sosial Emosional yang mengintegrasikan kelima kompetensi Sosial-Emosional, guru dapat mengenali dan memahami emosi masing-masing yang sedang dirahasiakan, sehingga mampu mengontrol diri dan dapat menerapkan disiplin positif secara baik sesuai dengan kesadaran diri (self awarness).
Kaitan pembelajaran Sosial Emosional dengan Pembelajaran Berdiferensiasi :
Melalui Pembelajaran Sosial Emosional guru dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan beberapa teknik antara lain :
1. Identifikasi perasaan
2. Identifikasi emosi
3. menuliskan ucapan terimakasih
4. bermain peran dan lain-lain
Sehingga guru mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas sesuai dengan kebutuhan belajar murid guna mewujudkan merdeka belajar