12.25.2022

AKSI NYATA MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL


Garis besar dari pada pelaksanaan aksi nyata ini adalah usaha dalam rangka memenuhi tugas sebagaimana tuntutan akan apa yang harus kami lakukan pada alur A (Aksi Nyata) dari rangkaian alur yang terakronim pada kata  MERDEKA yang berarti Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata. Selanjutnya bahwa di LMS (Learning Management System) dipaparkan bahwa tujuan pembelajaran khusus dari kegiatan aksi nyata ini adalah membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya.

Dengan demikian, aksi nyata ini mensyaratkan kami para CGP untuk membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial emosional yang  telah kami lakukan selama ini.  Dengan melihat dan memperhatikan kembali proses implementasi yang sudah kami lakukan. Kemudian setelah kami membagikan implementasi kami kepada rekan sejawat atau komunitas kami, maka tugas kami selanjutnya adalah merefleksikan pengalaman tersebut dengan menggunakan  kerangka 5M diadaptasi dari Model 5R (Reporting, Reasoning, Responding, Relating dan Reconstructing). Refleksi ini dapat juga diunggah ke situs portofolio digital kami, para CGP.


Nah, jadi video yang kami persembahkan ini berisi beberapa hal mulai dari tujuan kegiatan, panduan kegiatan, cuplikan materi kegiatan, dokumentasi kegiatan..




PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...