3.24.2023

AKSI NYATA 3.2



Kegiatan                     :  Pemetaan Modal/Aset SMP Negeri 1 Kepahiang

Hari/tanggal               :  Senin / 27 Februari 2023

Waktu                         :  08.00 – selesai

Acara                           :  Diskusi pemetaan modal/aset sekolah bersama Kepala Sekolah

                                       Komite, Wali Murid, Murid, Rekan Guru Sejawat


Adapun hasil pemetaan pada diskusi terkait pemetaan aset SMP Negeri 1 Kepahiang adalah sebagai berikut :
1.  MODAL MANUSIA
-  Jumlah Guru/Kepsek dan tendik 67 0rang terdiri dari 74 % S1, 17% S2, dan 8% D3/SMK/SMA
-  Hampir 90% Guru/PTK Usia 30_45 Tahun 
-  8 0rang Guru merupakan CGP, 1 Orang Guru PP
-  60% guru sudah Sertifikasi /lulus PPG ( Linier Mapel )
-  Jumlah Murid keseluruhan 1.045 orang dengan latar belakang yang beragam/ heterogen
-  Komite sekolah/alumni yang aktif

Strategi Pemanfaatan :
-  Dengan latar belakang pendidikan yang dimilki, dan umumnya dengan usia produktif guru dapat mengembangkan, meningkatkan kompetensi yang ada melalui kegiatan pelatihan, mengikuti lomba, beasiswa/guru berprestasi, dll
-  Dengan adanya beberapa guru menjadi CGP dan PP ini akan lebih mudah menyongsong IKM ( Sekelah Penggerak ), Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid
-  Dengan latar belakang murid-murid yang beragam/hetergon dapat mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan intra/ektrakulikuler sesuai dengan kebutuhan murid
-  Melalui kolaborasi komite sekolah/alumni menjadi sumber pendanaan alternatif untuk membantu pengembangan kegitan sekolah ( Pembicara/Jembatan penghubung dalam peningkatan kualitas pendidikan


2.  MODAL SOSIAL
Memilki Kerjasama yang baik dengan masyarakat. MGMP, dan Organisasi Profesi (PGRI)
Strategi Pemanfaatan :
-  Masyarakat memberikan informasi terkait pengwasan ketertiban murid- murid di seputar lingkungan sekolah/luar gerbang sekolah )
-  Dukungan masyarakat sekitar dalam kegiatan gotong royong masal/kerja bakti program sekolah/pemerintah
-  Kerjasama masyarakt dengan kelompok kerja masyarakat ( WO,Kerjasama Usaha makanan rumah tangga /usaha dagang Dengan koperasi/Kantin) 




3.  MODAL POLITIK
-  Status sekolah Negeri ( Akreditasi A ), Sekolah favorit, Sekolah rujukan, Sekolah Ramah Anak dan Sekolah Siaga Kependudukan 
-  Banyaknya Sekolah SD/MI disekitar 
-  Memilki kerjasama yang baik dengan Pukusmas , Polsek Kepahiang, Bank Daerah/BPD,BRI, Instansi Kelurahan Kp.Pensiunan,Lembaga Kursus/bimbel,KPAI, Dinas Sosial, BKKBN dan instansi lainya

Strategi Pemanfaatan :
-  Sekolah di arahkan menjadi sekolah percontohan dan sekolah model
-  Dengan banyaknya sekolah SD/MI yang berada disekitar ini mempermudah dalam merekrut Penerimaam Murid baru / PPDB
-  Melalui kerjasama yang baik dengan Pukusmas dan polsek maka informasi kesehatan dan tertib lalulintas
-  Melalui kerjasama kelurhana/bank BRI dan Bank BPD mempermudah mendapatkan informasi beasiswa KIP dan Pelajar Gemar Menabung aMelalui kerjasam dengan KPAI/Dinas sosial/ BKKBN memberikan dukungan mewujudkan sekolah ramah anak dan sekolah Siaga Kependudukan ( memberikan pemahaman dampak pernikahan dini )
-  Melalui kerjasam Bimbel/lembaga kursus mengadakan kegiatan perlombaan akdemik ( GO )

4.  MODAL AGAMA DAN BUDAYA
-  Masyarakat yang religius dan banyak tokoh agama disekitar lingkungan sekolah
-  Kreatifitas yang murid tinggi ( kesenian daerah, Bela diri dan olahraga )
-  85% murid berasal dari suku rejang

Strategi Pemanfaatan :
-  Banyak Tokoh -tokoh agama disekitar yang bisa digunakan partisifasinya dalam kegiatan keagamaan
-  Kreatifitas murid dapat dimanfaatkan untuk melestarikan budaya ; Melalui sanggar tari. Persatuan IKM, KADP ( Suku Minang ), Sanggar Kuda kepang, /jaipongan ( suku Jawa )
-  Dalam suku Rejang ada kebiasaan adat yaitu Kebiasanaan Semak Bilei , ini bisa digunakan untuk pembentukan karakter murid- mirid ( mengajarkan anak-anak Pentinggya kerjasama, gotong royong dan rasa kepedulian )
-  Festival Budaya Umbung Kutei sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan pementasan seni dan Budaya


5.  MODAL FISIK
-  Gedung Utama ( Ruang aula, Ruang guru, Ruang Kasek, Ruang PKS, Ruang TU, Ruang BK, Ruang Kelas, Ruang OSIS, Ruang Risma, Ruang UKS )
-  Ruang laboratorium ( Lab.IPA, Lab TIK )
-  Perpustakaan dan Sudut/Pojok baca, Kursi/meja Taman Baca
-  Musholah
-  Ruang Koperasi Siswa/sekolah
-  Lapangan Volly, Footsal, 
-  Tempat Farkir, Transfortasi lancar, Kantin sekolah, Rumah Penjaga sekolah, WC, Drainase air baik, Listrik dan jaringan Internet Lancar/Wifi

 Strategi Pemanfaatan :
-  Memfasilitasi kegiatan intra dan ektrakulikuler secara optimal dan tepat sasaran dan dapat diberdaya gunakan secara berkelanjutan
-  Menciptkan pembelajaran yang kondisif, nyaman dan menyenangkan
-  Dapat di gunakan dan di manfaatkan untuk memfasiltasi pengembangan murid maupun guru
-  Kegiatan dan program pendidikan yang berbasis IT dapat berjalan lebih lancar

6.  MODAL  LINGKUNGAN/ALAM
Lokasi sekolah berada di pusat kota, dipinggir jalan utama, dan berdekatan dengan pasar kepahiang

Strategi Pemanfaatan :
Dapat dimanfaftkan sebagai media pembelajaran, Mengekplorasi, mendapatkan pengalaman pembelajaran ( konteskual ) yang bermakna dan menyenangkan

7.  MODAL FINANSIAL
-  Dana BOS
-  Sewa kantin dan SHU kopersi sekolah. 
-  Sumbangan alumni/ Infaq
-  Komite sekolah

Strategi Pemanfaatan
-  Penggunaan anggran untuk Pembelajaran dan Kegiatan aktifitas/keratifitas murid disekolah, Honor guru/stap THL
-  Sewa kantin dan Kopresai siswa, Sumbngan almuni dan infak untuk program Sosial dan Kemanusiaan ( Peduli berbagi )
-  Sumbangan Komite/ dana alternatif di gunakan untuk pengembangan dan peningkatan kualilitas pendidikan



PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...