3.24.2023

AKSI NYATA 3.2



Kegiatan                     :  Pemetaan Modal/Aset SMP Negeri 1 Kepahiang

Hari/tanggal               :  Senin / 27 Februari 2023

Waktu                         :  08.00 – selesai

Acara                           :  Diskusi pemetaan modal/aset sekolah bersama Kepala Sekolah

                                       Komite, Wali Murid, Murid, Rekan Guru Sejawat


Adapun hasil pemetaan pada diskusi terkait pemetaan aset SMP Negeri 1 Kepahiang adalah sebagai berikut :
1.  MODAL MANUSIA
-  Jumlah Guru/Kepsek dan tendik 67 0rang terdiri dari 74 % S1, 17% S2, dan 8% D3/SMK/SMA
-  Hampir 90% Guru/PTK Usia 30_45 Tahun 
-  8 0rang Guru merupakan CGP, 1 Orang Guru PP
-  60% guru sudah Sertifikasi /lulus PPG ( Linier Mapel )
-  Jumlah Murid keseluruhan 1.045 orang dengan latar belakang yang beragam/ heterogen
-  Komite sekolah/alumni yang aktif

Strategi Pemanfaatan :
-  Dengan latar belakang pendidikan yang dimilki, dan umumnya dengan usia produktif guru dapat mengembangkan, meningkatkan kompetensi yang ada melalui kegiatan pelatihan, mengikuti lomba, beasiswa/guru berprestasi, dll
-  Dengan adanya beberapa guru menjadi CGP dan PP ini akan lebih mudah menyongsong IKM ( Sekelah Penggerak ), Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid
-  Dengan latar belakang murid-murid yang beragam/hetergon dapat mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan intra/ektrakulikuler sesuai dengan kebutuhan murid
-  Melalui kolaborasi komite sekolah/alumni menjadi sumber pendanaan alternatif untuk membantu pengembangan kegitan sekolah ( Pembicara/Jembatan penghubung dalam peningkatan kualitas pendidikan


2.  MODAL SOSIAL
Memilki Kerjasama yang baik dengan masyarakat. MGMP, dan Organisasi Profesi (PGRI)
Strategi Pemanfaatan :
-  Masyarakat memberikan informasi terkait pengwasan ketertiban murid- murid di seputar lingkungan sekolah/luar gerbang sekolah )
-  Dukungan masyarakat sekitar dalam kegiatan gotong royong masal/kerja bakti program sekolah/pemerintah
-  Kerjasama masyarakt dengan kelompok kerja masyarakat ( WO,Kerjasama Usaha makanan rumah tangga /usaha dagang Dengan koperasi/Kantin) 




3.  MODAL POLITIK
-  Status sekolah Negeri ( Akreditasi A ), Sekolah favorit, Sekolah rujukan, Sekolah Ramah Anak dan Sekolah Siaga Kependudukan 
-  Banyaknya Sekolah SD/MI disekitar 
-  Memilki kerjasama yang baik dengan Pukusmas , Polsek Kepahiang, Bank Daerah/BPD,BRI, Instansi Kelurahan Kp.Pensiunan,Lembaga Kursus/bimbel,KPAI, Dinas Sosial, BKKBN dan instansi lainya

Strategi Pemanfaatan :
-  Sekolah di arahkan menjadi sekolah percontohan dan sekolah model
-  Dengan banyaknya sekolah SD/MI yang berada disekitar ini mempermudah dalam merekrut Penerimaam Murid baru / PPDB
-  Melalui kerjasama yang baik dengan Pukusmas dan polsek maka informasi kesehatan dan tertib lalulintas
-  Melalui kerjasama kelurhana/bank BRI dan Bank BPD mempermudah mendapatkan informasi beasiswa KIP dan Pelajar Gemar Menabung aMelalui kerjasam dengan KPAI/Dinas sosial/ BKKBN memberikan dukungan mewujudkan sekolah ramah anak dan sekolah Siaga Kependudukan ( memberikan pemahaman dampak pernikahan dini )
-  Melalui kerjasam Bimbel/lembaga kursus mengadakan kegiatan perlombaan akdemik ( GO )

4.  MODAL AGAMA DAN BUDAYA
-  Masyarakat yang religius dan banyak tokoh agama disekitar lingkungan sekolah
-  Kreatifitas yang murid tinggi ( kesenian daerah, Bela diri dan olahraga )
-  85% murid berasal dari suku rejang

Strategi Pemanfaatan :
-  Banyak Tokoh -tokoh agama disekitar yang bisa digunakan partisifasinya dalam kegiatan keagamaan
-  Kreatifitas murid dapat dimanfaatkan untuk melestarikan budaya ; Melalui sanggar tari. Persatuan IKM, KADP ( Suku Minang ), Sanggar Kuda kepang, /jaipongan ( suku Jawa )
-  Dalam suku Rejang ada kebiasaan adat yaitu Kebiasanaan Semak Bilei , ini bisa digunakan untuk pembentukan karakter murid- mirid ( mengajarkan anak-anak Pentinggya kerjasama, gotong royong dan rasa kepedulian )
-  Festival Budaya Umbung Kutei sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan pementasan seni dan Budaya


5.  MODAL FISIK
-  Gedung Utama ( Ruang aula, Ruang guru, Ruang Kasek, Ruang PKS, Ruang TU, Ruang BK, Ruang Kelas, Ruang OSIS, Ruang Risma, Ruang UKS )
-  Ruang laboratorium ( Lab.IPA, Lab TIK )
-  Perpustakaan dan Sudut/Pojok baca, Kursi/meja Taman Baca
-  Musholah
-  Ruang Koperasi Siswa/sekolah
-  Lapangan Volly, Footsal, 
-  Tempat Farkir, Transfortasi lancar, Kantin sekolah, Rumah Penjaga sekolah, WC, Drainase air baik, Listrik dan jaringan Internet Lancar/Wifi

 Strategi Pemanfaatan :
-  Memfasilitasi kegiatan intra dan ektrakulikuler secara optimal dan tepat sasaran dan dapat diberdaya gunakan secara berkelanjutan
-  Menciptkan pembelajaran yang kondisif, nyaman dan menyenangkan
-  Dapat di gunakan dan di manfaatkan untuk memfasiltasi pengembangan murid maupun guru
-  Kegiatan dan program pendidikan yang berbasis IT dapat berjalan lebih lancar

6.  MODAL  LINGKUNGAN/ALAM
Lokasi sekolah berada di pusat kota, dipinggir jalan utama, dan berdekatan dengan pasar kepahiang

Strategi Pemanfaatan :
Dapat dimanfaftkan sebagai media pembelajaran, Mengekplorasi, mendapatkan pengalaman pembelajaran ( konteskual ) yang bermakna dan menyenangkan

7.  MODAL FINANSIAL
-  Dana BOS
-  Sewa kantin dan SHU kopersi sekolah. 
-  Sumbangan alumni/ Infaq
-  Komite sekolah

Strategi Pemanfaatan
-  Penggunaan anggran untuk Pembelajaran dan Kegiatan aktifitas/keratifitas murid disekolah, Honor guru/stap THL
-  Sewa kantin dan Kopresai siswa, Sumbngan almuni dan infak untuk program Sosial dan Kemanusiaan ( Peduli berbagi )
-  Sumbangan Komite/ dana alternatif di gunakan untuk pengembangan dan peningkatan kualilitas pendidikan



Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...