3.12.2023

RUANG KOLABORASI 3.3


Tujuan Pembelajaran Khusus:  

Melalui diskusi secara dalam Porum Rukol, CGP dapat menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh Program/ kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler sekolah.


Sasaran :
Sasaran Program Penyelenggaraan Pembinaan Imtaq ini adalah seluruh komponen warga SMP yang beragama Islam, dengan harapan : 
  • Memiliki kompetensi keagamaan dan pemahaman nilai-nilai praktis untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
  • Terwujudnya sikap tawazun (keseimbangan) antara imtaq dan iptek
  • Terciptanya kondisi sekolah yang harmonis, optimis, dan edukatif dilandasi oleh nilai-nilai agama dalam bingkai ukhuwah Islamiyah
  • Terciptanya generasi muslim yang salimul aqidah (lurus aqidahnya), shahihul ibadah (benar ibadahnya), dan berakhlaqul karimah.  
  • Terbiasa melakukan ibadah dengan baik sesuai dengan tuntunan syari’at Islam baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah.

TARGET :
Target yang ingin dicapai dari kegiatan pengembangan nilai-nilai karakter melalui program iman takwa di SMP Negeri 1 Kepahiang meliputi target jangka pendek dan target jangka panjang Yang dimaksud dengan target jangka pendek di sini adalah bahwa peserta didik mampu memahami nilai-nilai karakter melalui kegiatan iman dan takwa. 

Adapun target jangka panjang adalah diharapkan peserta didik mampu mengimplementasikan nilai-nilai karakter dan religius dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Ruang lingkup Pengembangan Nilai-nilai Karakter melalui  Program Iman Takwa di antaranya  adalah Program shalat dzuha dan sholat dzuhur. 

Sholat tersebut dipimpin secara bergantian baik oleh guru maupun siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengontrol kehadiran siswa dalam sholat berjama’ah adalah kartu presensi yang dipegang oleh pengurus kelas masing-masing. Sholat dilakukan di dalam lingkungan sekolah.




Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...