3.20.2023

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3


Hal-hal yang menarik yang dapat anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benang merah yang bisa anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3 

  1. Pembuatan dan pengelolaan program yang berdampak pada murid berdasarkan pemetaan aset dengan mempertimbangkan manajemen resiko yang terdiri dari resiko strategis, resiko keuangan, resiko pemenuhan dan resiko reputasi sekolah
  2. Dalam penyusunan program dan memenuhi serta melaksanakan monitoring, evaluation, learning dan reporting(MELR)
Monitoring : Adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengendalian kegiatan yang dilaksanakan, untuk umpan balik pelaksanaan kegiatan yang sedang berjalan

Evaluation : Evaluasi merupakan proses pengukuran hasil yang dicapai dibandingkan sasaran yang telah ditentukan sebagai bahan penyempurnaan, perencanaan dan pelaksanaan

Learning : Merefleksikan situasi :
  • Fact (Fakta) : Catatan objektif tentang apa yang terjadi
  • Feeling (Perasaan) : Reaksi emosional terhadap situasi
  • Finding (Temuan) : Pembelajaran konkret yang dapat diambil dari situasi tersebut
  • Future (Masa Depan) : Menyusun pembelajaran digunakan di masa depan
Reporting : Reporting atau laporan adalah media bagi pimpinan untuk menginformasikan atau memberikan masukan untuk setiap pengambilan keputusan yang diambilnya












Sekolah membuat program dengan mempertimbangkan aset based thingking sebagai kekuatan yang ada di sekolah dalam pemetaan sumber daya sebagai pendukung terlaksananya perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid dengan menggunakan model BAGJA untuk mencapai merdeka belajar dan bermakna. 

Materi yang saya dapat ini tentunya menambah wawasan saya sebagai guru agar berupaya turut mewujudkan merdeka serta menuntun murid dalam mengoptimalkan minat dan bakatnya. 

Materi yang saya dapatkan bisa membuat saya memahami cara memetakan aset sekolah, mengelola sumber daya, membuat program yang berpihak pada murid. mengambil keputusan yang bijak, menjadi coach bagi siswa dan rekan sejawat, mendalami keterampilan sosial emosional dan memfasilitasi pembelajaran siswa sesuai keberagaman yang ada dalam diri mereka

Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...