Tujuan Pembelajaran Khusus :
CGP mempraktikkan rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut.
TAHAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PRINSIP COACHING :
Pra-Observasi :
Percakapan mengenai bagian dari pembelajaran yang akan menjadi fokus pengembangan.
Observasi :
CGP sebagai supervisor melakukan observasi pembelajaran di kelas rekan sejawat dan membuat catatan pada lembar observasi.
Pasca Observasi:
Pemberian umpan balik berbasis Coaching dan percakapan coaching (refleksi dan kalibrasi).
Tahapan Pra Observasi :
CGP sebagai supervisor melakukan percakapan berbasis Coaching bersama rekan sejawat (guru) sebagai subjek yang akan diobservasi.
Percakapan dalam tahap ini bertujuan untuk menggali informasi awal, bagaimana seorang guru menyampaikan rencana pengembangan diri yang akan diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran
Tahapan Observasi :
CGP sebagai supervisor memberikan umpan balik berbasis Coaching dan percakapan coaching (refleksi dan kalibrasi)
Observasi ini bertujuan untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya, serta mengamati keterlaksanaan strategi yang disampaikan pada saat tahap pra-observasi untuk mewujudkan pengembangan kompetensi
Tahapan Pasca-Observasi :
CGP sebagai supervisor melakukan percakapan berbasis Coaching bersama rekan sejawat (guru) sebagai subjek yang akan diobservasi.
Percakapan dalam tahap ini terkait hasil data observasi, menganalisis data, umpan balik dan rencana pengembangan kompetensi. Proses percakapan bersifat reflektif dan bertujuan perbaikan ke depan.
Lembar Rencana Pengembangan Diri
Refleksi Diri Latihan Coaching
Tidak ada komentar:
Posting Komentar