12.01.2022

MULAI DARI DIRI MODUL 2.3





1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Selama menjadi guru tentunya pembelajaran saya pernah di supervisi oleh kepala sekolah, perasaan saya saat mendengar akan disupervisi pastinya saya cemas dan merasa ingin melakukan yang terbaik tapi deg-deg an. Tidak tahu kenapa, istilah supervisi membuat saya khawatir dan merasa takut karena masih banyak kekurangan pada diri saya. Pengalaman saya saat observasi dan pasca observasi, sesuai jadwal yang sudah diberikan oleh Waka kurikulum, saya membawa semua berkas administrasi perangkat pembelajaran ke ruang kepala sekolah, dan saya bersyukur perangkat pembelajaran yang saya siapkan sudah lengkap. Untuk supervisi, dilakukan di kelas 7b dengan membawa RPP yang sudah di telaah. Dari kegiatan supervisi, saya banyak masukan dari pengawas dan kepala sekolah terutama pada pembelajaran yang berpihak pada murid masih banyak kekurangannua. Dikarenakan saya menggunakan metode pembelajaran berbasis android dan IT, sarana dan prasarana sekolah masih kurang mendukung jadi masih perlu banyak perbaikan di sana sini  




2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut

a. Sebelum saya melaksanakan supervisi bersama pengawas dan kepala sekolah, terlebih dahulu diadakan briefing terkait penyampaian bahwa supervisi ini adalah kegiatan saling berbagi pengalaman bukan sebagai ajang mencari kesalahan. 

b. kegiatan supervisi memberikan pemahaman bahwa ada ide atau cara baru dalam pembelajaran sehingga model pembelajaran lebih bervariatif dan inovatif sehingga pembelajaran lebih mudah dipahami murid.

c. Supervisi merupakan kebutuhan administrasi yang perlu dilakukan dan menjadi salah satu komponen akreditasi sekolah.

d  dalam supervisi ada catatan yang dijadikan bahan untuk refleksi/tindak lanjut.




3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

a. saya berharap dapat memahami cara mengembangkan diri sebagai pendidik setelah kegiatan supervisi

b. terjadi perubahan cara berpikir dalam mengambil keputusan dalam menghadapi suatu kondisi atau permasalahan

c. terjadi perubahan cara berkomunikasi dengan murid dan rekan sejawat

d. mampu melaksanakan coaching kepada murid dan rekan sejawat




4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saya sebagai kepala sekolah, yang harus melakukan supervisi saya berada pada posisi 8, dimana masih ada guru yang takut disupervisi, ada guru yang sudah disupervisi tetapi masih belum memperbaiki yang menjadi catatan saat supervisi ataupun belum melengkapi perangkat pembelajaran.




5. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

a. mempelajari materi yang berisi contoh praktik coaching yang kontekstual antara guru-murid maupun dengan rekan sejawat

b. menerapkan praktik coaching

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...