10.30.2022

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 4P


PERISTIWA :

Pembelajaran Modul 1.4 dengan pembelajaran di LMS secara mandiri dimulai dengan kegiatan Mulai dari Diri/ Eksplorasi Konsep dengan menjawab beberapa pertanyaan yang ada di dalam LMS. Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi secara daring di LMS di ruang kolaborasi, dengan membahas kasus-kasus yang telah disediakan dan memberikan jawaban pertanyaan pemantik tentang penyelesaian kasus tersebut.

PERASAAN :

Setelah mempelajari modul 1.4, saya merasa senang sekali karena mendapat ilmu baru dan saya merasa tertantang untuk menyelesaikan permasalahan di kelas dengan posisi kontrol sebagai manajer. Saya senang bisa mempelajari teori kontrol, tiga motivasi perilaku manusia, hukuman, penghargaan, posisi kontrol, kebutuhan dasar manusia, bertahan hidup, kasih sayang dan diterima, kebebasan, kesenangan dan penguasaan, keyajinan kelas dan segitiga restitusi. Semua ilmu tersebut sangat berharga bagi saya. Dari modul ini saya belajar tentang menyelesaikan/ menghadapi sebuah kasus.

PEMBELAJARAN :

Pembelajaran yang saya dapat dari modul 1.4 adalah :

  • setiap orang mempunyai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Mereka akan memenuhi kebutuhan dasar tersebut dengan berbagai cara, mereka bisa saja melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebajikan untuk memenuhinya.
  • Saya mendapat ilmu baru yaitu keyakinan kelas. Sebelumnya yang saya tahu adalah peraturan kelas. Keyakinan kelas berupa keyakinan universal yang disepakati bersama. Keyakinan bersifat lebih luas dari peraturan.
  • Menyelesaikan masalah menggunakan segitiga restitusi
  • dengan melakukansegitiga restitusi, kita dapat mengiring siswa untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya

PENERAPAN :

Sebagai tindak lanjut setelah memahami modul 1.4 saya akan :

  • membiasakan diri saya melakukan kebiasaan positif yang nantinya saya tularkan kepada anak didik saya
  • Dalam menghadapi kasus/masalah saya akan berfikir lebih jernih dan akan berusaha tidak mengedepankan emosi
  • setiap orang itu berbeda dan mempunyai tujuan hidup yang berbeda. Untuk itu, saya akan menghargai orang lain
  • Berusaha menggunakan posisi kontrol manajer untuk menyelesaikan masalah
  • mempraktikkan segitiga restitusi untuk menyelesaikan masalah untuk menggiring anak mempertanggungjawabkan masalahnya
  • melakukan sosialisasi kepada warga sekolah terkait BUdaya Positif, Keyakinan kelas, dan Segitiga Restitusi




Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...