Rancangan Aksi Nyata
Modul 1.4 Penerapan Budaya Positif
Melaksanakan Gerakan Literasi Digital sekolah dan Pembentukan Karakter
untuk mencapai visi SMP Negeri 1 Kepahiang
Latar belakang
- Berkurangnya minat baca murid disekolah
- Hilangnya sikap sopan santun, perilaku murid karena pengaruh lingkungan dan teknologi.
- Membiasakan murid belajar seperti di sekolah normal, dengan membuat jadwal belajar dirumah untuk meningkatkan minat belajar, penanaman nilai karakter dengan kegiatan rutin di rumah melalui jadwal belajar untuk mengurangi kegiatan yang kurang baik di lingkungan rumah.
Tujuan
- Untuk meningkatkan minat membaca murid untuk membentuk kemandirian, kreaktifitas, membentuk pikiran kritis murid, dan menambah pemahaman ilmu, rasa ingin tahu dan wawasan murid melalui media digital
- Minat belajar siswa meningkat sesuai dengan potensi yang dimiliki
- Dengan memberikan pendidikan karakter diharapkan membentuk karakter murid yang jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, tanggung jawab, peduli sosial, dan religius
Tolok Ukur
- Siswa terlihat aktif, gembira, dan mempunyai semangat dalam membaca dan belajar
- Adanya peningkatan hasil belajar murid
- Terlihat adanya perubahan cara berfikir, bersikap, di tunjukan dengan karakter yang ditonjolkan oleh murid
Linimasa tindakan yang akan dilakukan
- Menyusun jadwal dan menerapkan Paradigma BAGJA kemudian berdiskusi dengan kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan tentang kegiatan literasi dan pembentukan karakter yang akan dilakukan
- Menyiapkan sarana dan perasarana yang dibutuhkan
- Melaksanakan proses GLS dan pembentukan karakter secara bertahap sesuai dengan kebutuhan siswa dan di contohkan oleh guru
- Membuat jadwal belajar dirumah dan disepakati oleh orang tua
- Mengomunikasikan proses pembentukan karakter dan GLS dengan orang tua siswa melalui dering maupun luring
- Memonitoring hasil kegiatan yang sedang atau telah dilakukan
- Melakukan asesmen
- Melaporkan kegiatan dari awal sampai akhir
Dukungan yang dibutuhkan
- Dukungan dari Kepala Sekolah, Guru Sejawat, Orang Tua, Masyarakat dan pihak-pihak yang terkait
- Perangkat lunak dan akses internet
- Media belajar
- Sarana dan perangkat administrasi lunak ataupun atk
- Sumber belajar langsung maupun tidak langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar