9.23.2022

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.2

GAMBARAN DIRI SAYA SEBAGAI GURU PENGGERAK DI MASA DEPAN


Membayangkan diri sudah lulus program CGP dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Penggambaran detail kegiatan yang mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak.


Tugas guru penggerak untuk melakukan perubahan tidak ringan oleh karena itu guru penggerak harus sehat kuat baik secara fisik maupun mental oleh karenanya saya akan akan membiasakan diri untuk selalu dapat melakukan aksi, tanggungjawab dan turun tangan melakukan perubahan yang berpihak pada murid.


Menciptakan pembelajaran berbasis Android /digital untuk memaksimal penggunaan HP ke arah yang positif dengan menugaskan siswa membuat media pembejaran berupa presentasi, desain, animasi , edit video dan lain-lain dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di playstore.


Senantiasa membangun daya sanding yaitu menciptakan saling ketergantungan positif semua pihak mulai dari kepala sekolah, TU, guru, komite, maupun di luar sekolah seperti dinas terkait, pejabat daerah dan lain-lain. Membangun rasa saling percaya diri dan saling menghargai kekuatan serta perbedaan peran antar teman guru sehingga tumbuh semangat saling mengisi, saling melengkapi untuk kepentingan pembejalaran pada murid.


Reflektif Senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi pada pribadi maupun lingkungan sekeliling dengan memanfaatkan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun diri saya pribadi, murid dalam menangkap hikmah positif dari pengalaman tersebut untuk mewujudkan diri sendiri dan murid sebagai profil pelajar pancasila.

Selalu mengupayakan peningkatan efikasi diri dan mengambil keputusan yang masuk akal dan bertanggungjawab untuk memperkualitas kinerja dan hasil kerja. Mengejawantahkan tindakan nyata sebagai perbaikan diri dalam melakukan tugas dan tidak mengulang kesalahan yang sama







Berpihak Menyediakan suasana belajar dan proses Pada Murid pembelajaran yang positif serta berkualitas pada murid dengan membuat suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, memberikan kesempatan pada siswa untuk bereksplorasi dalam mencari sumber belajar, menuntun murid untuk dapat mengembangkan minat dan bakat murid dengan menyediakan fasilitas yang sesuai. Segala hal yang saya lakukan akan lebih mengutamakan pemuasan kepentingan murid/alumni terkait dengan pekerjaan pokok selaku guru.


Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...