2.22.2023

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL 3.2


Tujuan Pembelajaran Khusus : 
  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan BAGJA dari tayangan video yang ada
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.


Penugasan :
1. Kira-kira visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi? 

Visi :
Terwujudnya siswa yang berkarakter, kreatif dan mandiri dalam merdeka belajar.


 2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video? 

"Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar sehingga menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan"


3. Apakah pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut? 

Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan? 


4. Kegiatan/Tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan BAGJA?

  • B - BUAT PERTANYAAN UTAMA
PERTANYAAN

- Bagaimana menumbuhkan semangat belajar pada murid?
- Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?

TINDAKAN 

  • Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah dan mendiskusikan prakarsa perubahan yang akan dilakukan dengan rekan sejawat
  • Guru meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang meningkatkan semangat belajar
  • Guru menuliskan di papan tulis mengenai "Penyemangat Belajar" untuk kemudian mendiskusikannya dengan murid

  • A - AMBIL PELAJARAN
PERTANYAAN

- Kegiatan apa yang dilakukan untuk mengidentifikasi harapan murid agar semangat belajar?
- Bagaimana strategi untuk menggali inspirasi kelas impian murid?

TINDAKAN 

  • Guru meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat  belajar
  • Guru meminta murid untuk menceritakan hal-hal yang disukai dari kelasnya
  • Guru mengajak murid untuk mengunjungi kelas 2 dan 6 untuk mengetahui apa yang mereka sukai dengan kelasnya sehingga dapat dijadikan inspirasi mengenai suasana kelas yang membuat semangat


  • G - GALI MIMPI 

PERTANYAAN

- Apakah dengan kegiatan menghias dan mengatur suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan dapat meningkatkan semangat belajar murid?
- Apa yang dilakukan guru untuk menggali keinginan  murid dalam menumbuhkan semangat belajar?

TINDAKAN 

  • Guru mengajak murid untuk membayangkan, kelas seperti apa yang  nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat dalam belajar
  • Guru meminta murid untuk mendiskusikan dan  menuangkan dalam bentuk gambar. kelas seperti apa yang menjadi impian mereka
  • Guru meminta murid mempresentasikan kelas impian mereka


  • J - JABARKAN RENCANA
PERTANYAAN

- Apakah yang harus dilakukan untuk membuat  kelas yang nyaman dan menyenangkan
- Apa yang harus dilakukan murid dan guru untuk mewujudkan

TINDAKAN 

  • Guru mengajak murid untuk menyebutkan apa saja yang akan dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian
  • Guru membantu murid menulis kebutuhannya di papan tulis


  • A - ATUR EKSEKUSI

PERTANYAAN

- Siapa saja yang terlibat dalam program atau kegiatan ini?
- Kapan akan melaksanakannya?
- Bagaimana pelaksanaan kegiatan agar berjalan sesuai rencana?

TINDAKAN 

  • Guru mengajak murid untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok
  • Guru mengajak murid untuk menentukan waktu kapan akan muai mewujudkan rencananya.
  • Murid dengan bimbingan guru melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan untuk mewujudkan kelas impian


5. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? Lalu bagaimana pemanfaatannya?


 

 


Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...