2.15.2023

MULAI DARI DIRI MODUL 3.2


1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem? bagian yang ada  di sekolah adalah guru, murid, staff usaha, gedung, peralatan di laboratorium, sarana prasarana praktek, prasarana olahraga

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan. 

SDM di sekolah saya banyak, karena di sekolah saya ada kurang lebih 60 guru, 10 staff karyawan, 1050 siswa
budaya sekolah yang dijalankan : mulai budaya literasi, budaya masuk sekolah pukul  07.30 wib dan budaya religius dengan mengadakan program tausiah dan yasin secara bergantian di hari Jumat
sarana dan prasarana yang memadai dari peralatan yang da di lab IPA dan LAB Komputer, maupun sarana prasarana yang ada di kelas

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada? 

kepala sekolah SMP Negeri 1 Kepahiang adalah orang yang berwibawa, penyabar. Akan tetapi, beliau adalah orang yang memiliki visioner ke depan, selalu menekankan pemberian pelayanan yang maksimal kepada siswa (student center), memaksimalkan sumberdaya dan potensi yang ada

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bisa  mengelola dan memanage sekolah dengan baik. Pemimpin harus dapat menjadi contoh bagi bawahannya, mempunyai rasa empati yang tinggi, mempunyai visi dan misi yang jelas dengan mengedepankan kebersamaan. memiliki jiwa bertanggungjawab dan memiliki sifat mengayomi

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah? 

saat ini saya mempunyai peran sebagai wali kelas di VIIB, dimana saya mempunyai tanggungjawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi saya selama 1 tahun ke depan, sesuai dengan arahann dari kepala sekolah, untuk memaksimalkan pembelajaran dan posisi sebagai wali kelas, saya berperan aktif untuk menyampaikan program-program yang harus dijalankan siswa dalam setahun ke depan.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?


sebagai diri sendiri (guru) : 

dengan sumber daya yang saya miliki saya berusaha untuk selalu memberikan pelayanan  yang terbaik buat siswa-siswi kami, juga dapat menularkan ilmu yang saya punyai kepada mereka.

murid :  

merasa nyaman, aman dan  bahagia, dalam artian selama mereka menuntut ilmu di sekolah, segala potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi dapat  dimaksimalkan, serta dapat dilihat tumbuh kembangnya sehingga kedepannya memudahkan mereka dalam mengarungi pendidikan yang lebih lanjut

sekolah : 

bisa menjadi sekolah yang benar-benar dicintai dan diminati oleh warga masyarakat, sesuai dengan visi sekolah


7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini? Dengan menyadari betapa banyak sumber daya yang dimiliki sekolah, tentu  banyak harapan yang ingin  dicapai setelah mempelajari modul ini. antara lain : 

- berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset.
- dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
- dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.
- dapat menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar


Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...