2.21.2023

RUANG KOLABORASI 3.2




1. MODAL MANUSIA
Modal Manusia (merupakan Kecakapan yang Dimiliki Seseorang, mengembangkan potensi untuk memajukan dan mempotensikan diri)
Kabupaten Kepahiang Khususnya Kecamatan kepahiang memiliki modal aset yang yang beragam. Masing-masing modal manusia memiliki keunggulan, diantaranya : 
  1. Guru pengerak di masing-masing sekolah 
  2. Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan dan jajarannya 
  3. SDM yang berkulitas dengan berbagai profesi (TNI, Polri, Tenaga kesehatan, Tenaga pendidik, Petani, Pengusaha, dll), Memiliki pengalaman dalam memimpin satuan pendidikan maupun kepemerintahan dan dalam bidangnya masing-masing 
  4. Duta Rumah belajar, yang mengembangkan Praktik Baik. 
  5. Tokoh Agama, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat
Yang Beragam Latar Belakang Atau Profesi Yang Beragam Bisa Mendukung Dan Membantu Dalam Program-Program Serta Visi Misi Kabupaten Kepahiang Khusunya Kecamatan Kepahiang Serta Kolaborasi Aktif Ke Satuan Pendidikan Dan Masyarakat Kabupaten Kepahiang Khusunya Kecamatan Kepahiang


Strategi Pemanfaatan Modal Manusia :
  • Sekolah dapat menyusun program untuk mengembangkan kebutuhan murid berdasarkan sumber daya manusia yang ada di Kab. Kepahiang dengan melakukan kolaborasi sesuai dengan profesi masing-masing. 
  • Sekolah memberdayakan CGP yang ada di sekolah masing-masing untuk dapat berbagi praktik baik dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolah tersebut. 
  • Sekolah membangun interaksi dan dapat berkolaborasi dengan baik kepada sumber daya manusia yang terkait seperti Diknas Kab/Provinsi, Pengawas sekolah, komite, tokoh agama, komunitas belajar.
2. MODAL SOSIAL
Kabupaten Kepahiang Khusunya Kecamatan kepahiang memiliki modal sosial yang cukup potensial untuk di kembangkan. Modal sosial yang dimaksud adalah :
  •  Kegiatan Ngamen Amal yang dilakukan oleh pegiat seni dan siswa. 
  • Komunitas Belajar (MGMP, MKKS, KKG, dan sebagainya). 
  • Puskesmas dalam mengadakan imunisasi atau vaksin massal. 
  • Karang Taruna sekitar sekolah. 
  • Dharma  Wanita Persatuan,  Ikatan Keluarga Musibah Kematian (IKMK), BPBD. 
  • Komunitas Kreatif  Seni Anak (sanggar seni). 
  • Taman Baca Masyarakat (TBM). 
  • Penyerapan alumni, Komite

Strategi Pemanfaatan Modal Sosial :
  • Kepala Sekolah aktif dalam MKKS, sehingga lebih cepat mendapatkan informasi dan berpengalaman dalam membangun interaksi sosial dan jaringan yang lebih luas sehingga mampu mengelola sekolah dengan baik. 
  • Semua guru terlibat di komunitas belajar seperti MGMP,KKG, dan sebagainya agar dapat aktif dalam mengembangkan diri untuk peningkatan proses pembelajaran di sekolah. 
  • Semua siswa diberi kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan baik di dalam sekolah atau luar sekolah. 
  • Sekolah menjalin kerja sama dengan instansi/perusahaan/untuk dapat mendukung program kegiatan sekolah seperti kerja sama dengan Puskemas untuk program vaksin , penyerapan alumni SMK oleh perusahaan terkat, dan sebagainya.
Modal Sosial Ini Sebagai Wadah Dalam Melakukan Pengembangan Diri Program-Program Serta Visi Misi Kabupaten Kepahiang Serta Kolaborasi Aktif Ke Satuan Pendidikan Dan Masyarakat.  Selalu Melakukan Diskusi Terbuka Bersama Pihak Lain Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid Dan Masyarakat Kabupaten Kepahiang Khususnya Kecamatan Kepahiang Untuk Perkembangan Potensi Kedepan Kepahiang Maju.


3. MODAL FISIK

Strategi Pemanfaatan Modal Fisik :
  • Sarana yang ada dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler secara optimal. 
  • Menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang aman, kondusif, dan nyaman. Bangunan yang bisa digunakan dalam melakukan proses pembelajaran dan tempat pertemuan yang Perkembangan Potensi Kedepan Kepahiang Maju. 
  • Infrastruktur mulai dari semua seperti, jalan, jalur komunikasi, sarana pendukung pembelajaran, alat transportasi, dan lain-lain. 

Modal Fisik Ini Digunakan Sebagai Sarana Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid sebagai wujud Pelajar Indonesia maju Dan Masyarakat Kabupaten Kepahiang  Khususnya Kecamatan Kepahiang Untuk Perkembangan Potensi Kedepan Kepahiang Maju,


4. MODAL LINGKUNGAN/ALAM




Strategi Pemanfaatan Modal Lingkungan/Alam :
  • Lokasi daerah yang sejuk, asri , berbukit, banyak perkebunan, tanah yang subur dapat digunakan sebagai wahana untuk belajar murid dalam mengembangkan wawasan yang lebih luas. 
  • Tempat-tempat iconik yang ada di daerah Kab. Kepahiang dapat dijadikan sarana murid dalam belajar baik bidang seni, budaya, olahraga, dan lain-lain. 
  • Letak Kabupaten Kepahiang Khususnya Kecamatan kepahiang yang tipografi berada pada dataran dan perbukitan yang memiliki modal lingkungan alam yang cukup asri nyaman

5. MODAL FINANSIAL
Modal finansial sebagai wujud dukungan keuangan yang dimiliki oleh sebuah organisasi yang dapat digunakan untuk membiayai proses pencapaian tujuan. Modal finansial Kabupaten Kepahiang Khusunya Kecamatan kepahiang, yaitu : 
  • Ikatan alumni sekolah
  • Komite sekolah dari latar belakang profesi yang beragam bisa mendukung dan membantu dalam program serta visi misi sekolah serta kolaborasi sekolah dengan masyarakat, Kegiatan komite aktif dilaksanakan
  • Ikatan keluarga musibah kematian (IKMK)CSR ( Carporate Sosial Community) oleh BUMN untuk masyarakat (UMKM - Usaha Mikro Kecil Menengah) maupun siswa/i (Prakarya/PKWU)
  • Operasional sekolah didanai oleh dana BOS.
  • Beasiswa kementrian siswa berfrestasi dalam bidang seni dan olga (OSN, O2sn, FLS2N, OPSI, dll)
  • Program PIP bagi murid yang kurang mampu, pembebasan IPP siswa SMA dan sederajat sesuai intruksi Gubernur 
  • Program KIP, PIP, PKTI


6. MODAL POLITIK


7. MODAL AGAMA/BUDAYA


Modal agama dan budaya lapisan masyarakat Kabupaten Kepahiang 
Khususnya Kecamatan kepahiang : 
  • Membudayakan budaya Toleransi yang kuat antar Masyarakat atau lingkungan, yang dikelola dengan baik di sekitar lingkungan sekolah maupun Masyarakat,  Toleransi yang kuat antar Masyarakat Memiliki hubungan yang baik antara warga sekolah dengan masyarakat dan lingkungan
  • Melakukan kegiatan Peringatan Keagamaan di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat dan kepemerintahan Terdapat kegiatan tradisi lokal seperti tepung setawar di lingkungan masyarakat.
  • Anggota keagamaan di pemerintahan, kabupaten maupun Kecamatan, dan di lingkungan masyarakat salah satunya merupakan tokoh agama yang ada dalam masyarakat




Tidak ada komentar:

PELIMA CERIA KUJANG

Di kelas, saya menghadapi peserta didik kelas tujuh yang tidak semangat dalam pembelajaran materi menulis dan menceritakan kembali cerita. K...